Senin, 14 September 2009

:. Honda Vario 2006 (Sumedang)

2944hal5_miobdg_boyo1.jpgModifikasi skubek low rider sudah bisa ditebak. Buat molorin sumbu roda, modifikator pasang undur-undur sebagai pengganti dudukan mesin standar. Namun yang dibuat Deden Darmawan dari rumah Modifikasi JK Custom berbeda. “Konsep skubek low rider tanpa mengubah struktur rangka asli,” ujar modifikator dari Jl. Geusan Ulun, No. 17, Sumedang. Nah lho gimana manjanginnya atuh!2945hal5_miobdg_boyo2.jpg

Ini bisa dilihat pada Honda Vario garapan JK Custom. Struktur dudukan mesin masih asli bawaan pabrik enggak berubah sama sekali. “Cuma untuk buat dudukan roda biar melar dibikin besi penopang tambahan seperti lengan ayun,” ujarnya.

Desain lengan ini dudukannya memanfaatkan braket yang ada di areal mesin. “Lengan ayun sengaja dibuat model single biar kelihatan lebih sip,” ujar Deden yang pasang monosok dengan memanfaatkan dudukan lengan ayun tadi.

2946hal5_miobdg_boyo3.jpgSedang buat transfer tenaga, harus mengakali lagi. Jadi dari as roda belakang Vario dipasang gir yang dihubungkan dengan rantai ke gir roda belakang baru. Untuk rantainya sengaja dibuat model dengan dua buah gir yang posisinya sejajar.

Deden memang kreatif dan jeli dalam proses modifikasi Vario ini. Bisa dilihat dari penempatan sistem pengereman belakang yang sudah diubah cakram. Posisinya dibuat nempel dengan gir depan. “Biar simpel sekaligus memanfaatkan ruang yang kosong,” jelasnya.
2947hal5_miobdg_boyo4.jpg
Sedang untuk kedua rodanya mengandalkan pelek custom yang lingkar peleknya diambil dari roda mobil. Cuma biar tampilan makin menarik, doi tidak lagi mengandalkan jari-jari. “Bagian tengah pelek didesain sendiri pakai pelat besi tebal jadi palang lima,” ujarnya.

Untuk roda belakang mengandalkan lebar pelek 5,5 inci, sedang pelek depan cukup 4 inci. “Roda belakang sengaja dibuat ekstrem dengan pasang ban mobil,” jelas Deden yang mengandalkan ban Vredestein 175/65x14.

Khusus ubahan bodi, hampir seluruh baju Vario standar hilang. Sebagai gantinya dipilih desain baru model membulat minim lekukan. "Cuma areal dek saja yang masih asli," ujar Deden yang dari namanya sudah bisa ditebak asalnya dari mana. He..he... Becanda, Bro!

Sedang setang menyesuaikan bentuk bodi. Desain sengaja dibuat telanjang. Biar sip model batang kemudi dibentuk U bar yang kemudian diselipkan lampu depan pada bagian tengah.

DATA MODIFIKASI

Sok depan : LHK
Sokbelakang : MX
Arm : JK Custom
Bodi : Fiberglass
Knalpot : Supertrap

Penulis/Foto : Belo/Boyo Motorplus-online.com

2 komentar:

ivenx oyz mengatakan...
21 November 2009 17.59

wah ... desain mayab benar .....

abis brpa duit bang bua bikin mtor jadi keren gitu ..????

salam kenal....

Sea Heaven mengatakan...
17 Oktober 2010 22.30

wah designnya jadi futuristik namun tetap menyisakan kesan retro. keren...

bro, gabung di forum spare part yuk. http://forum.sparepart.web.id

Posting Komentar

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

About Me

Foto saya
Festival motor mekanik: Nanang Hary Wawan Sarwanto Anang Nur Henry Festival Motor merupakan Bengekel AHASS Resmi, dan beroperasi di perum 2, karawaci, Tangerang. Terpilih sebagai bengkel teramai se-kabupaten Tangerang.

Followers