Minggu, 17 Mei 2009

:. Pelayanan 3S Molor Langsung Bayar!

Ayo! Saatnya pelayanan sales, service, dan spare-parts mesti tepat janji. Seandainya lewat dari waktu yang ditentukan, konsumen mesti diganjar hadiah. Jangan mau konsumen dibiarkan nunggu saat servis, unit yang sudah dipesan, dan komponen yang mau dibeli tanpa waktu yang ditentukan. Janji adalah hutang. Karenanya, ya mesti dibayar.


Silakan intip, kalau perlu jadikan contoh, program layanan WAH dari dealer dan bengkel Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer Honda Jakarta-Tangerang “Kami coba untuk bikin konsumen punya kepastian. Setelah disurvey ada pelayanan yang mesti punya tenggat waktu jelas,” beber Lutfi Hernowo, Manager Customer Care Dept. Head, WMS, Jakarta.

Pelayanan servis ringan yang paling jelas. Ada satu bike lift alias pit yang di pasang time board digital. Jam digital akan menghitung mundur saat motor sudah dinaikan di bike lift. Waktu servis ringan maksimal 35 menit. Lebih dari itu konsumen dikasih oli gratis. “Tahap awal 1 bike lift dulu yang ada jam digitalnya. Ini hanya untuk melayani murni servis ringan. Ke depannya akan kita lengkapi semua,” ungkap Lutfi yang berkantor di kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat.
Mau voucher Rp 25.000? Di bawah ini bentuk pelayanan AHASS dan dealer WMS seandainya molor dari janji yang sudah ditentukan dan konsumen berhak dapat voucher.

Pertama, pemesanan komponen. Komponen lokal Honda Genuine Part (HGP) dijanjikan maksimal 6 hari kerja (Senin-Jumat) dan 14 hari kerja sampai di tangan konsumen. Lebih dari itu silakan minta vouncher Rp 25 ribu. Hal yang sama untuk pembelian 20 jenis komponen yang pasti ada di divisi komponen AHASS WMS. Seandainya pas beli part yang masuk daftar 20 item HGP yang dicantumkan enggak tersedia, sampeyan berhak atas voucher Rp 25 ribu.

Kedua, bantuan pertolongan darurat yang disebut Honda Emergency Layanan Pelanggan (HELP). Di jalan pas motor mogok, terus telepon ke layanan HELP. Kalau enggak datang dalam waktu 45 menit setelah ditelepon, brother juga bisa dapat voucher.

Ketiga, ketepatan waktu pengantaran unit sampai tiba di rumah. Seandainya enggak kontak atau telepon pihak dealer sebelum jam yang sudah ditentukan, konsumen berhak dapat voucher Rp 25 ribu.

Keempat, kepastian inden unit yang sudah dipesan oleh konsumen. Seandainya urutan inden berubah dari pendaftaran awal, sobat wajib minta voucher Rp 25 ribu. “Voucher hanya bisa ditukarnya di jaringan Wahana. Silakan mau buat beli dipakau buat beli kompnen atau buat bayar servis,” tutup Lutfi.

Kelima, ini menyangkut ketepatan waktu STNK dan BPKB bisa diterima konsumen. Voucher Rp 25 ribu silakan diminta kalau enggak sesuai janji yang sudah ditentukan dealer WMS. STNK harus sampai ke tangan konsumen 7 hari kerja dan BPKB 60 hari kerja. Lebih dari itu, artinya molor.

Keenam, harga pasti sesuai on the road yang sudah ditentukan. Jangan mau ngasih tambahan atau diminta tambahan untuk biaya yang enggak jelas. Biasanya, kan ada aja yang mau ambil keuntungan kalau ada tipe yang sedang ramai diminati. "Kalau ada bukti pihak kami yang minta harga khusus lebih tinggi, silakan adukan dan juga berhak dapat voucher," jelas Lutfi yang doyan naik sepeda.

Paling penting konsumen bisa dapat sovenir untuk pelayanan petugas dealer WMS. Waktu konsumen datang ke dealer WMS berhak dapat keramahan, salam, sampai penjelasan produk yang ditanyakan konsumen. Seandainya pihak dealer judes, jutek, alias enggak ramah, dan ogah menjelaskan produk yang ditanyakan, konsumen berhak mengaduKonsumen kannya ke layanan jual dan mendapatkan sovenir. "Sovenirnya bergantung kemampuan tiap dealer karena ini menyangkut budget," kata Lutfi.

Kalau begitu, enggak ada salahnya bentuk pelayanan WAH dijadikan ukuran. Silakan naik harga motor, servis, ataupun komponen, tapi konsumen akan terobati kalau ada peningkatan pelayanan. Pelayanan yang tahu akan kebutuhan dasar konsumen, yakni mesti jelas dan sesuai dengan apa yang sudah dijanjikan sebelumnya.

Penulis/Foto : Niko/Bela
Sumber: Motorplus online

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

About Me

Foto saya
Festival motor mekanik: Nanang Hary Wawan Sarwanto Anang Nur Henry Festival Motor merupakan Bengekel AHASS Resmi, dan beroperasi di perum 2, karawaci, Tangerang. Terpilih sebagai bengkel teramai se-kabupaten Tangerang.

Followers