Sabtu, 11 April 2009

Bunyi Suara “Tek” dari Bagian Depan Honda BeAT

Honda BeAT termasuk skubek yang banyak diminati. Namun ada keluhan, terdengar suara yang mengganggu dari bagian depan. Bunyinya “tek” lumayan keras dari sekitar shockbreaker depan. “Biasanya (suara itu) akan timbul kalau roda depan melindas jalan berundak, sekalipun tidak terlalu tinggi,” ucap Yuli Haryadi yang mengeluhkan itu.
Keluhan serupa juga lumayan dan Em-Plus minta bantuan Ribut Wahyudi, Service Adviser Honda Bintang Niaga Jaya, Jl Mayor Oking, Cibinong-Bogor. Ia mekanik yang kebetulan biasa dan pernah menangani masalah seperti ini.

Katanya, gejala macam ini bukan termasuk cacat produksi, apalagi setelah dia mendalami sumber dan sebab timbul suara “tek” di seputar shock depan dari Honda Vario. Analisisnya, timbulnya suara lantaran pegas di dalam tabung shock punya karakter ulir renggang (lebih empuk), mulai dari atas sampai bawah sehingga pada saat posisi shock rebound, pegas lebih dulu balik meregang ke atas dan enggak seimbang dengan sirkulasi oli.

“Saya berani klaim bukan cacat produksi, lantaran karakter BeAT atau Vario memang khusus untuk dalam kota yang enggak banyak jalan berlubang. Makanya, skubek ini paling enak dan pas pakai spek pegas renggang seperti aslinya,” jelas Ribut.

Namun, jika memang merasa kurang nyaman, solusinya ganti pegas asli BeAT dengan per Honda Karisma yang harganya Rp 13.000 per buah. Selain agak keras, itu lebih tinggi 5 mm. Bentuk ulir per tidak rata alias lebih rapat bagian bawah ketimbang atas sehingga rebound pegas tidak cepat dan bisa meminimalkan suara “tek” tadi.

Menggantinya juga tidak terlalu sulit. Sebab, pegas di dalam pipa teleskopik bisa dikeluarkan setelah ring clip pengunci penahan per dicopot dari rumahnya, lalu tarik perlahan agar oli shock tidak ikut keluar.

“Pokoknya tinggal tukar per tanpa harus bongkar pipa shock dari segitiga. Biar leluasa, tebeng depan baiknya dibongkar lebih dahulu,” imbuh Ribut.

(KR15)

2 komentar:

uchie mengatakan...
12 April 2009 pukul 01.24

Oh... jadi bunyi "Tek" itu karena Pegasnya toh. Boleh nih infonya buat temanku yang pake Honda Beat. Tinggal aku suruh ganti pegas deh. Tapi karena beda tinggi pegas 5mm apa ga akan berpengaruh buruk terhadap motor dikemudian hari?

uchie mengatakan...
12 April 2009 pukul 01.26

Soalnya, ini cuma pendapat aku loh.. biasanya kan sebelum produk itu diluncurkan pasti udah di uji coba. Dan mungkin pihak Honda udah tau kekurangannya. Seharusnya mereka udah antisipasi dengan masalah seperti itu. Nah... takutnya kalau diganti malah makin kenapa2 motornya. Team festival Motor udah pernah coba belum? atau yang lainnya udah pernah coba? takutnya ntar aku salah kasi saran ke teman.
Ditunggu yah jawabanya. Thx.

Posting Komentar

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

About Me

Foto saya
Festival motor mekanik: Nanang Hary Wawan Sarwanto Anang Nur Henry Festival Motor merupakan Bengekel AHASS Resmi, dan beroperasi di perum 2, karawaci, Tangerang. Terpilih sebagai bengkel teramai se-kabupaten Tangerang.

Followers