Sabtu, 11 April 2009

Mengejutkan! Pakai Emoticon ;-) Bayar 10,000 Dollar

Ada beberapa hal yang sering digunakan oleh pengguna Internet, seperti akronim, txt speak, dan emoticon. Jika user menjalankan bisnis di Rusia, dan kemudian menggunakan emoticon smiley face mengerling, maka user harus membayar royalty ke Oleg Teterin, seorang entrepreneur yang mengklaim bahwa dialah pemilik trademark emoticon yang populer tersebut di Rusia.

Teterin mengatakan dalam siaran channel NTV bahwa agen hak patent Rusia telah mengakui trademark ;-) yang dibuatnya, dan dia tidak akan ragu untuk mengeksploitasi perusahaan yang menggunakan emoticon tersebut tanpa membayar royalty padanya. Teterin mencatat bahwa harga lisensi yang harus dibayar bagi pengguna emoticon smiley face mengerling tersebut seharga 10,000 dollar, dan akan terus meningkat tiap tahunnya.

“Saya ingin menggarisbawahi bahwa denda royalty tersebut hanya tertuju untuk corporation, atau perusahaan yang mencoba membuat profit tanpa izin dari pemegang trademark.” jelas Teterin di NTV. Teterin menambahkan, bahwa dirinya tidak bermaksud untuk mencoba mengumpulkan uang dari individu yang menggunakan e-winking tersebut.

Teterin juga melihat adanya emoticon lain yang mirip dengan emoticon buatannya, seperti smiley face yang lama, termasuk :) dan :-) juga ;) yang tanpa dan atau memakai hidung. Belum jelas apakah Teterin juga akan mendenda pengguna yang menggunakan body di emoticon, seperti *<;-) atau ;-)->--<. Segala kritik dan komentar telah ditujukan kepada Teterin, yang mengungkapkan bahwa emoticon ;-) telah dijual dan menjadi milik public, juga telah menyebar ke domain publik dan tidak bisa dimiliki menjadi trademark. h_n)

beritanet.com

1 komentar:

uchie mengatakan...
12 April 2009 pukul 01.32

Wah.. masa sih yg begituan doank pake hak paten segala, hihihi... kalau itu bener2 akan terjadi bisa kalah dunk Bill Gates ;))

Posting Komentar

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

About Me

Foto saya
Festival motor mekanik: Nanang Hary Wawan Sarwanto Anang Nur Henry Festival Motor merupakan Bengekel AHASS Resmi, dan beroperasi di perum 2, karawaci, Tangerang. Terpilih sebagai bengkel teramai se-kabupaten Tangerang.

Followers