Rabu, 15 April 2009

Membundel Kliping Digital

Masihkah Anda mengumpulkan dan mendata informasi dengan aktivitas membuat kliping? Atau Anda bahkan sudah tidak tahu apa itu kliping?

Kliping merupakan kegiatan pengguntingan atau pemotongan bagian-bagian tertentu dari surat kabar, majalah, atau sumber yang lain kemudian disusun dalam sistem tertentu di suatu bidang. Fungsi kliping adalah mengemas ulang bacaan, sedangkan yang dikliping bisa berupa artikel, berita, atau foto. Mungkin, karena kemudahan mengakses Internet, aktivitas ini tak populer lagi seperti dulu.

Kliping sebagai sumber informasi bisa dijadikan alternatif pengganti buku. Karena buku pun kini sudah berformat elektronik, maka kini kliping pun bisa dibuat dalam format digital pula, misalnya dalam bentuk dokumen PDF.

Untuk membuatnya, Anda tidak perlu lagi lembaran kertas, gunting, dan lem. Penggantinya adalah scanner dan aplikasi pendukung. Karena tidak menggunakan kertas, kegiatan ini juga termasuk gerakan ramah lingkungan.

Aplikasi yang digunakan antara lain adalah driver pindai dari scanner yang digunakan. Untuk aplikasi pendukungnya, PCplus menggunakan Adobe Bridge CS4. Intinya adalah Anda akan memindai sejumlah artikel dari media, kemudian menyatukannya dalam format PDF dengan bantuan Adobe Bridge.

Pada versi sebelumnya, Creative Suite 3 (CS3), fasilitas untuk membuat PDF sebenarnya sudah langsung bisa diakses dari dalam menu Photoshop. Namun, pada versi baru, fasilitas tersebut dipindah ke Adobe Bridge—aplikasi manajemen files yang akan terinstal secara otomatis bersamaan dengan aplikasi Adobe Photoshop atau aplikasi dalam bundel Creative Suite lainnya.

Oke, sekarang siapkan scanner, materi media yang hendak dikliping, lalu ikuti panduan ini.

1. Buka aplikasi Adobe Bridge CS4. Pastikan pula scanner telah terkoneksi dengan PC. Siapkan artikel yang hendak dipindai dan dijadikan materi kliping. Letakkan di atas flatbed pada scanner. Untuk mulai memindai, klik [File] > [Get Photos form Camera…].


2. Tunggu sampai muncul boks Photo Downloader. Tentukan folder simpan dengan mengklik tombol [Browse...]. Anda bisa membuat folder simpan baru untuk materi kliping tersebut dengan mengklik [Make New Folder]. Jika sudah, klik [OK]. Selanjutnya, pilih peranti scanner yang digunakan di menu "Get Photos from:".

3. Selanjutnya, aplikasi pindai bawaan scanner akan muncul. Untuk melihat pindaian sementara, klik [Preview], dan tentukan besar area pindai. Untuk langsung memindai, klik [Scan]. Tindakan ini tergantung kepada aplikasi yang digunakan. Untuk resolusi, pilih saja 150dpi. Setelah terpindai, hasilnya akan langsung masuk ke folder yang telah ditentukan.

4. Pindai semua materi sampai tuntas. Jika sudah, tutup aplikasi pindai. Selanjutnya, pada boks dialog Photo Downloader akan muncul keterangan jumlah file hasil pindai. Langkah selanjutnya, klik [Get Photos]. Kembali ke Bridge, buka folder simpan hasil pindai dan cek apakah gambar sudah masuk.

5. Seleksi semua file hasil pindai dengan menekan [Ctrl] di keyboard, lalu klik semua files yang diinginkan. Untuk membuat koleksi gambar pindai itu menjadi PDF, klik [OUTPUT] yang ada di sudut kanan atas jendela. Pada panel dan jendela aplikasi baru yang muncul, pilih [PDF].

6. Untuk template dokumen PDF-nya, tersedia sejumlah pilihan dalam menu "Template". Untuk pilihan standar di mana setiap gambar akan ditempatkan dalam sebuah halaman PDF, maka pilihlah opsi [Maximize]. Tentukan kualitas tampilannya pada "Quality". Jika memilih "Low Quality", artinya gambar akan dikompresi.

7. Tata halaman PDF bisa Anda kelola di menu "Layout". Anda juga bisa menambahkan watermark (penanda) dalam bentuk teks lewat menu "Watermark". Centangi opsi [View PDF After Save] untuk melihat hasilnya ketika PDF selesai dibuat. Untuk memulai proses pembuatan, klik [Save...]. Tentukan folder simpan dokumen PDF, lalu klik tombol [Save]. Tunggui beberapa saat hingga hasilnya muncul.


TIP: Mem-PDF-kan Kliping dengan Photoshop CS/CS2/CS3

Jika Anda menggunakan Adobe Photoshop CS sampai CS3, buat langsung dokumen PDF dari gambar hasil pindai dengan PDF Presentation. Berikut panduan praktiknya:

1. Siapkan gambar hasil pindai dan gabungkan dalam sebuah folder agar mudah diakses. Bukalah aplikasi Adobe Photoshop. Klik [Automate] > [PDF Presentation…]. Pada boks PDF Presentation, klik [Browse] dan carilah files gambar. Seleksi semua, lalu klik [Open]. Selanjutnya, klik [Save]. Tentukan folder simpan di boks Save, dan klik [Save] lagi.

2. Tunggu sampai boks Save Adobe PDF muncul. Klik opsi [General] yang ada di daftar sebelah kiri boks konfirmasi. Centang [Preserve Photoshop Editing Capabilities] jika Anda masih ingin mengutak-atik atau menyunting PDF tersebut.

3. Agar kliping bisa dikirim via e-mail, pilih opsi [Smallest File Size] pada menu “Adobe PDF Preset”. Namun, jika ingin kualitas gambar tetap bagus, atur menu “Image Quality” ke opsi [Medium] atau [High]. Akhiri dengan mengklik [Save PDF]. Tunggu sampai proses perubahan berakhir. Dokumen pun bisa dibuka dengan Adobe Reader.

Sumber: PCplus

2 komentar:

uchie mengatakan...
15 April 2009 pukul 19.39
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
uchie mengatakan...
15 April 2009 pukul 19.42

hehehe.. sory yah commentnya di delete, ada yang salah.
boleh nih di coba. thanks yah ilmunya.

Posting Komentar

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

About Me

Foto saya
Festival motor mekanik: Nanang Hary Wawan Sarwanto Anang Nur Henry Festival Motor merupakan Bengekel AHASS Resmi, dan beroperasi di perum 2, karawaci, Tangerang. Terpilih sebagai bengkel teramai se-kabupaten Tangerang.

Followers